Sabtu, 11 Januari 2014

Keselamatan Bagi Pejalan Kaki

            Mungkin banyak di antara kita yang percaya bahwa berjalan kaki akan menjadi aktifitas yang aman. Tapi menurut saya saat kita berjalan di tepi jalan raya, kita sebagai pejalan kaki adalah salah satu bagian dari kelompok yang paling rentan terhadap kecelakaan. Hal ini karena tidak adanya perlindungan pada diri kita jika kita tertabrak oleh sebuah mobil maupun kendaraan lain. Menurut data statistik juga menunjukkan bahwa pejalan kaki memiliki resiko tewas atau terluka 4 kali lebih besar dibandingkan kelompok pengguna jalan lainnya.
           Maka dari itu guys kita perlu bersikap menjaga keselamatan diri dan juga waspada terhadap tingkah laku pengguna jalan lain pada saat kita sebagai pejalan kaki di jalan karena para pengendara kendaraan bermotor tidak selalu berlaku benar terhadap pejalan kaki. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum kalian menyeberang jalan nihhh…
1. Berhenti.
2. Perhatikan sekeliling anda.
3. Dengarkan bila ada suara kendaraan yang sedang mundur.
4. Perhatikan perubahan lalu lintas seperti kendaran yang berbelok.
5. Coba untuk kontak mata dengan pengendara yang mendekat.
6. Jangan beranggapan para pengendara telah melihat anda hanya karena anda melihat mereka.



             Sebagai pejalan kaki anda harus memastikan anda dapat terlihat dengan cara :
1. Tidak menyeberang di antara mobil yang sedang parkir, karena akan menyulitkan pengendara melihat anda.
2. Gunakan pakaian berwarna terang atau yang memiliki behan reflektor, khusunya pada malam hari.
Menyeberang pada tempat yang aman.

            Bila memungkinkan, menyeberanglah pada zebra cross, lampu lalu lintas atau pada tempat penyeberangan yang telah disediakan.
1. Bila tidak ada zebra cross, menyeberanglah pada tempat yang memiliki pandangan yang cukup bagi anda dan pengemudi.
2. Bila anda tidak dapat menyeberang pada tempat yang telah disediakan, menyeberanglah dari median jalan – JANGAN BERLARI karena akan mengganggu konsentrasi pengemudi dan dapat membuat anda terjatuh.

           Waspada Jika anda menggunakan tempat penyeberangan yang telah disediakan, pastikan bahwa kendaraan telah berhenti sebelum anda menyeberang.
1. Pastikan anda mematuhi tanda pada tempat penyeberangan. Jangan menyeberang bila lampu penyeberangan belum menunjukkan bahwa anda aman untuk menyeberang.
2. Jika anda menggunakan penyeberangan untuk siswa sekolah, ingatlah bahwa alat tersebut akan aktif ketika gambar bendera telah terpampang.
3. Berhati-hati pada perlintasan kereta. Bila anda ingin menyeberang pada perlintasan kereta, tunggu hingga suara sinyal berhenti dan pintu perlintasan telah bergerak naik, sebelum anda mulai menyeberang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar